Senin, 06 September 2010

Bronchitis Acute

Bronchitis akut adalah suatu penyakit infeksi yang mengenai saluran bronchial dan sering disebabkan oleh virus yang sama yang pada penyakit common cold.


saluran bronchial adalah suatu organ yang dilewati udara menuju ke paru-paru. Ketika saluran tersebut terinfeksi, maka saluran tersebut akan membengkak dan terbentuklah cairan kental yang disebut mukus didalamnya. Hal inilah yang menyebabkan kesulitan didalam bernapas.

Gejala Bronchitis akut bisa seperti dibawah ini :

  • tenggorokan sakit
  • Demam
  • Batuk yang berdahak waran kuning atau hijau
  • Rasa penuh di dada
  • Napas yang terasa pendek
  • Mengi/ngik-ngik
  • Menggigil
  • Pegal-pegal pada tubuh

Bronchitis akut hampir selalu disebabkan oleh virus yang menyerang lajur saluran napas bronchial tersebut dan menyebabkan infeksi disana. Seperti yang saya tulis di entri sebelumnya tentang common cold, pada kasus ini terjadi juga reaksi kekebalan tubuh yang mengakibatkan pembengkakan batang bronchus dan sekresi mukus malah menjadi bertambah. Butuh waktu dari tubuh kita untuk membunuh virus tersebut dan menyembuhkan kerusakan yang terjadi pada jaringan bronchus tersebut.

Pada banyak kasus, virus yang sama pada penyakit common cold juga mengakibatkan penyakit bronchitis . Penelitian menunjukkan hanya sedikit sekali penyakit bronchitis yang diakibatkan oleh infeksi bakteri...apalagi jamur. Jamur mah cukup kurap kudis aja hehehe.. ga ding banyak penyakit lain kok yang disebabin jamur.

Virus yang menyebabkan penyakit bronchitis akut bisa menyebar ke udara dan tangan si penderita pada saat batuk...misal pada saat batuk tuh si pasien nutupin mulutnya pake tangan(bukan pake dengkul hehehe). Kita bisa terinfeksi jika kita menghirup udara yang telah terkontaminasi virus hasil batuk dari si penderita sebelumnya. Kita juga bisa terinfeksi lewat kontak dengan tangan atau tubuh orang lain yang dilapisi oleh virus tadi (misal : salaman ).Jika kita perokok atau berada di lingkungan pabrik yang menghasilkan asap yang berbahaya ,kita akan lebih cepat menderita broncitis dan akan lebih lama sembuhnya. Ini karena saluran broncus kita sudah mengalami kerusakan sebelumnya..

Management of acute bronchitis

Kebanyakan pada kasus Bronchitis aku mengalami kesembuhan dalam beberapa hari atau 1 minggu. Istirahat lebih banyak dan minum banyak cairan yang bermanfaat merupakan ide yang bagus (misal, air putih dan juice buah) dan jaga kebersihan rumah dari segala debu dan kotoran. Ibupropen dan parasetamol adalah salah satu pilihan untuk mengurangi nyeri dan menurunkan demam. Jika batuk anda kering sebaiknya menggunakan pereda batuk (not producing any mucus... bro n sist). Sangatlah bijak jika tidak memberikan obat pereda batuk pada yang batuknya produktif(berdahak sob), karena batuk membantu mebersihkan saluran bronchial dari mukus.

Sangatlah tidak membantu jika penderita bronchitis akut tanpa "ba bi bu" diberikan antibiotik karena seperti yang kita tahu hampir semua kasus bronchitis disebabkan oleh virus. Bahkan jika kita batuk berdahak dan dahaknya berwarna ataupun kental, antibiotik kemungkinan besar tetap tidak akan mempercepat penyembuhan.

Stop Smoking!

Jika kamu perokok ...Berhentilahhhhhhhh. Hal ini akan membantu tubuh dalam kesembuhan lebih cepat.

Please Note:

Pada penderita bronchitis akut yang disertai gejala berupa wheezing/mengi obat-obat asma bisa diberikan. obat-obatan ini akan membantu melebarkan saluran bronchus dan membersihkan mucus.

Terkadang gejala batuk pada bronchitis akut bertahan sampai beberapa minggu bahkan bulan. Biasanya ini terjadi jika tubuh butuh waktu yang lama untuk menyembuhkan dirinya(self-recovery lelet). Bagaimanapun, batuk yang membandel bisa merupakan gejala2 penyakit yang lain selain bronchitis akut misal asma, pneumonia, Tbc dll..cari ndiri.

3 komentar:

  1. Artikel tentang bronchitis acute sangat membantu tentang pengertian bronchitis

    BalasHapus
  2. trimakasih dok artikel ny sangat membantu... mau tanya dok, kalau pegal2 nya cara mengobatinya bagaimana dok? sy penderita bronkitis , sdh berobat, asma sdh tdk kambuh lagi, tapi pegal2 nya masih sering muncul ... makasih dokter

    BalasHapus
  3. Batuk saya sudah sebulan lama nya dan tak kunjung sembuh dan tiba2 sy batuk dan mrngeluarkan darah, mhn penjelasan nya dokter.

    BalasHapus