Senin, 06 September 2010

Scabies

Defenisi

Scabies adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh tungau (mite) Sarcoptes scabei, yang termasuk dalam kelas Arachnida. Tungau ini berukuran sangat kecil dan hanya bisa dilihat dengan mikroskop atau dengan lup(kaca pembesar dan terkadang masih sulit hehehe). Penyakit ini bersifat contagious atau sangat mudah menular, dari manusia ke manusia , dari hewan ke manusia dan sebaliknya. Scabies menyebar dengan sangat mudah melalui sentuhan langsung dengan penderita maupun secara tak langsung melalui baju, seprai, handuk, bantal, air, atau sisir yang pernah digunakan penderita dan belum dibersihkan dan masih terdapat tungau Sarcoptes scabei-nya. Scabies menyebabkan rasa gatal yang teramat sangat(wew dramatis bok)pada bagian kulit seperti sela-sela jari, siku, selangkangan(terutama daerah2 yang jarang ditumbuhi bulu). Scabies identik dengan penyakit anak kos/pondokan dan bisa juga lingkungan penjara diman orang2 berjibun dalam satu sel/ruangan. Penyebab utama adalah kondisi kebersihan yang kurang terjaga, sanitasi yang buruk, kurang gizi, dan kondisi ruangan terlalu lembab dan kurang mendapat sinar matahari secara langsung. Penyakit kulit scabies menular dengan cepat pada suatu komunitas yang tinggal bersama sehingga dalam pengobatannya harus dilakukan secara serentak dan menyeluruh pada semua orang dan lingkungan pada komunitas yang terserang scabies, karena apabila dilakukan pengobatan secara individual maka akan mudah tertular kembali penyakit scabies(iya nih kek di klinik ane: seminggu sembuh lalu ..eh terinfestasi lagi).


Penyebab
Scabies disebabkan oleh parasit Sarcoptes scabiei, tungau ini berbentuk bundar dan mempunyai empat pasang kaki . Sarcoptes betina yang berada di lapisan kulit stratum corneum dan lucidum membuat terowongan ke dalam lapisan kulit. Di dalam terowongan inilah Sarcoptes betina bertelur dan dalam waktu singkat telur tersebut menetas menjadi hypopi yakni sarcoptes muda. Akibat terowongan yang digali Sarcoptes betina dan hypopi yang memakan sel-sel di lapisan kulit itu, penderita mengalami rasa gatal.


Gejala Klinis
4 gejala utama scabies adalah

  1. Pruritus nocturna, yaitu gatal pada malam hari yang disebabkan aktivitas tungau ini lebih tinggi pada suhu yang lebih lembab.
  2. Penyakit ini menyerang manusia secara berkelompok, misalnya dalam sebuah keluarga biasanya seluruh anggota keluarga terkena infeksi. Begitu pula

    dalam sebuah perkampungan yang padat penduduknya, sebagian besar tetangga yang berdekatan akan diserang oleh tungau tersebut.
  3. Adanya terowongan pada tempat-tempat yang sering terkena, seperti sela-sela jari tangan, pergelangan tangan, siku bagian luar, lipat ketiak bagian depan,umbilicus, bokong dan perut bagian bawah. Terowongan ini berwarna putih atau keabu-abuan, berbentuk garis lurus atau berkelok, rata-rata panjang 1 cm, pada ujung terowongan ditemukan papul dan vesikel.
  4. Menemukan tungau, merupakan hal yang paling diagnostic
Diagnosis dapat ditegakkan bila ditemukan 2 dari 4 gejala utama ini.








Pengobatan

Pengobatan scabies tidak terlalu sulit. Oleskan krim permetrin 5% seluruh tubuh dari leher ke bawah, selama semalam lalu basuh hingga bersih. Pengobatan ini biasanya diulang setelah 1 minggu. Alternatif pengobatan lainnya adalah dengankrim lindane, dioleskan seluruh tubuh dari leher ke bawah, dan dibersihkan setelah 8 jam. Kedua obat tersebut efektif, tetapi lindane cenderung mengiritasi kulit, lebih toksik dan tidak boleh diberikan kepada anak-anak dan ibu hamil. Selain itu, dapat diberikan pengobatan per oral, dengan ivermectin. Dosisnya adalah 200 mikrogram per kilogram berat badan, dosis tunggal. Pengobatan ini diulang setelah 2 minggu. Dapat dipergunakan pula antihistamin seperti CTM untuk mengurangi gatal. Hal lain yang dapat dilakukan adalah merendam pakaian, seprei dan selimut yang dipakai ke dalam air panas.
Kalau di klinik..biasa saya gunakan scabicide secara harganya murah ..cuman repot ga boleh kena air selama kurun waktu kurang lebih 24 jam. Lalu sama seperti pengobatan diatas diulang setiap minggu.

7 komentar:

  1. permetrin bisa digunakan manusia juga

    BalasHapus
  2. makasih infonya dokk..

    BalasHapus
  3. ada gag obatnya pak
    msalahx scabies sngtlah mengganggu aktivitas saya

    makash

    BalasHapus
  4. obatnya yg efektif pake apa ia pak..??
    scabies ini menyiksa saya..
    skripisi jadi tidak fokus gara-gara scabies..

    mksie dok..

    BalasHapus
  5. mantapp dok, biasanya beli obatnya dimana dok? ane terinfeksi nih? kira kira bakal parah gak ya dok?

    BalasHapus
  6. saya terinfeksi scrabies udh 3 bulan lebih dok, seluruh tubuh saya udh parah, obat yg efektif apa dok? kira-kira bisa sembuh gak dok, bantu saya dok, saya sangat menderita dok...

    BalasHapus